Connect with us
Penampakan Stadion Papua Bangkit setelah jadi nanti. (IST/IP)
Penampakan Stadion Papua Bangkit setelah jadi nanti. (IST/IP)

Berita Bola

Stadion Papua Bangkit Salah Satu Harapan Sepak Bola Papua

Papua tak memiliki stadion pendukung yang bertaraf internasional, padahal untuk urusan talenta, Papua tak pernah kehabisan stok.

INFOPERSIPURA.com – Pembangunan Stadion Papua Bangkit adalah salah satu jawaban atas kelemahan persepakbolaan di bumi cenderawasih. Salah satu kekurangan dari sepak bola di tanah Papua adalah sarana dan pra-sarana.

Papua tak memiliki stadion pendukung yang bertaraf internasional. Mereka mengandalkan Stadion Mandala yang usianya semakin menua dan kekuatannya semakin tereduksi.

Padahal untuk urusan talenta, Papua tak pernah kehabisan stok. Bahkan pelatih sekelas Rahmat Darmawan, yang pernah mengantarkan Persipura sebagai juara di Liga Indonesia, mengatakan bahwa hanya dengan mengandalkan talenta Papua saja sebenarnya sudah untuk membentuk timnas yang berkualitas.

Namun, Papua akan segera memiliki istana sepak bola yang baru. Papua akan memiliki stadion baru yang diberi nama Stadion Papua Bangkit. Stadion ini akan berdiri megah di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Stadion ini mulai dibangun pada 19 April 2017 dengan anggaran dana sebesar 1,3 triliun rupiah dan kapasitas stadion sebesar 40.000 hingga 45.000 penonton. Stadion Papua Bangkit ini selain akan tampil megah juga memiliki pemandangan yang indah. Ini karena stadion tersebut dibangun di antara dua bukit.

Pembangunan stadion Papua bangkit (IST/IP).

Pembangunan stadion Papua bangkit (IST/IP).

Pembangunan stadion ini dikerjakan oleh Lestarindo Soccerfield. Sebuah perusahaan yang ahli dan bergerak di bidang perencanaan dan pembangunan lapangan sepak bola. Lestarindo tak hanya menggarap stadion utama, mereka juga menggarap lapangan pendamping yang berada di sebelah stadion utama. Fungsinya mungkin akan seperti Lapangan ABC di Senayan.

BACA JUGA
Dua Pemain Musa Persipura Dipanggil Bela Timnas U-19

Salah satu unsur penting dalam lapangan sepak bola adalah kualitas rumput. Dalam sepak bola, ada tiga jenis rumput yang sering digunakan. Yakni Zoysia Matrella, Cynodon Dactylon, dan Axonopus Compressus. Dan jenis rumput terbaik adalah Zoysia Matrella.

Rumput jenis Zoysia Matrella merupakan jenis rumput standar FIFA bagi stadion manapun yang bertaraf internasional. Rumput jenis ini termasuk rumput yang mahal. Harga pasarannya adalah Rp 90.000 per meter persegi. Dan stadion ini nantinya akan menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella.

BACA JUGA
Ketum Persipura Minta PSSI Perbaiki Kualitas Wasit Indonesia

Stadion ini sendiri kabarnya siap memenuhi standar AFC bila nantinya Persipura Jayapura bermain di kompetisi Asia. Hal ini dikarenakan stadion ini hanya berjarak 8,3 kilometer dari Bandara Sentani. Jauh dekatnya jarak stadion dengan bandara bertaraf internasional pula yang menyebabkan beberapa klub Indonesia yang bermain di kompetisi Asia harus rela menggunakan kandang milik tim lain.

Stadion ini disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional XX yang akan digelar di Papua. Meskipun baru akan digunakan pada tahun 2020 untuk gelaran PON, namun stadion ini dijadwalkan akan rampung pada akhir tahun 2018. (ArS)

5/5 2 ratings
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Bola