Latihan Bersama tim Persipura di Stadion Mandala (06/02/2018). (Foto: persipurapapua1963)
Latihan Bersama tim Persipura di Stadion Mandala (06/02/2018). (Foto: persipurapapua1963)

Jelang Versus PS TIRA, Persipura Fokus Latihan Fisik

Diposting pada

INFOPERSIPURA.com – Tim Persipura Jayapura telah bertolak ke Yogjakarta, Rabu (8/8/2018) pagi ini. Dalam laga tandang ini Persipura dijadwalkan akan menghadap PS.TIRA dalam lanjutan Liga 2 2018.

Sebelumnya tim Persipura telah melakukan latihan dan tes fisik. Menurut pelatih, Hasilnya sangat tidak memuaskan. Sebagian besar pemain kondisi fisiknya masih dibawah standar rata-rata pesepakbola Indonesia.

“Dari keseluruhan pemain hanya satu pemain saja yang fisiknya memenuhi standar,” kata pelatih fisik Persipura, Osvaldo Lessa, kepada wartawan, pagi di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (7/8/2018).

Lessa mengakui secara umum fisik pemain Persipura ada peningkatan. Makanya, program latihan lebih intensif dengan fitnes maupun latihan di pantai. Usai pertandingan melawan PS Tira, Sabtu (11/8/2018), sekaligus memasuki libur kompetisi berhubung Asian Games, tim Persipura dijadwalkan melaksanakan pemusatan latihan di Batu Malang, Jawa Timur.

“Kita programkan latihan lebih banyak untuk meningkatkan fisik pemain saat TC di Batu Malang nanti,” ujarnya. Lessa menyatakan pemain harus pandai menjaga kebugaran fisik mereka. Misalnya selesai pertandingan, pasti pemain tidak istirahat baik, tentu berpengaruh ke kondisi fisiknya. Tim pelatih asal Brazil berharap, saat TC di Batu Malang nanti, fisik pemain bisa naik 100 persen.

BACA JUGA
Jamu Persib Bandung, BTM Harap Persipura Raih Poin

“Kita akan genjot fisik pemain selama libur, sehingga masuk kompetisi, semua pemain sudah siap tampil,” ujarnya.

Ketua Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia (PAIFORI) Papua, Daniel Womsiwor, S.Pd M.Fis AIFO, mengatakan target mengawinkan gelar Liga 1 dan Piala Indonesia yang dicanangkan manajemen Persipura harus direspon sesegera mungkin oleh tim Pelatih.

Data fisik terkini yang di ungkap Lessa yaitu 50-60 persen perlu dianalisis lebih dalam karena unsur fisik itu secara umum ada dua. Pertama fisik umum tentang volume oksigen maksimal atau daya tahan umum jantung-paru (General Endurance) atau VO2 Max, Streght and Flexibility.

Kedua fisik khusus meliputi speed (kecepatan), power otot lokal (daya ledak), local endurance muscle (daya tahan otot lokal), agility (kelincahan), reaction, dan koordinasi anggota gerak sekmen tubuh.

BACA JUGA
Liga 1 Berhenti, Persipura Lanjut Gelar Latihan

Womsiwor mempertanyakan apakah fisik yang menurun 50-6 persen itu umum atau khusus. Perlu di jelaskan secara terpisah, agar secara eksat kita yakin tim pelatih bisa mengamankan target manajemen.

“Jika pelatih kerja tanpa data fisik yang lengkap, saya kuatir salah satu gelar akan lepas. Alasannya fisik umum hanya 60 persen, itu artinya kita fokus pada satu gelar saja,” katanya.

5/5 1 rating
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *