Peter Butler, Pelatih Kepala Persipura Jayapura (IST)
Peter Butler, Pelatih Kepala Persipura Jayapura (IST)

Butler puas curi poin di markas Barito Putera

Diposting pada

JAYAPURA, – Persipura Jayapura berhasil mencuri satu poin di markas Barito Putera pada pekan ke-2 kompetisi Liga 1 2018, Sabtu (31/03/18).

Dengan hasil ini, kedua tim sama-sama mendapatkan tambahan satu poin. Persipura menanjak ke peringkat kedua klasemen sementara dengan empat poin, terpaut dua angka dari pemimpin PSM Makassar yang beberapa saat sebelumnya mengalahkan Perseru Serui melalui gol bunuh diri pemain Perseru.

Bermain di kandang, Barito Putera sempat tertekan pada tiga menit pertama. Hal tersebut terlihat dari tiga tendangan pojok yang didapatkan oleh sang tamu, Persipura Jayapura.

Walaupun sempat kewalahan di menit awal, tuan rumah juga memiliki peluang melalui beberapa umpan silang yang dilepaskan para pemain sayap mereka walaupun masih belum membuahkan hasil.

Menit ke-12, Matias Cordoba melepaskan sebuah umpan yang cukup berbahaya namun sambutan Samsul Arif dengan tendangan salto masih melenceng dan tidak membahayakan gawang tim Persipura Jayapura.

Pertandingan relatif berimbang karena kedua tim sama-sama bermain aman di lini tengah. Kadang-kadang, kesalahan dasar seperti passing masih terlihat dalam laga kedua di Liga 1 2018 ini.

Menit ke-34, Barito Putera tertinggal lewat gol bunuh diri dari Dandi Maulana. Gol tersebut tercipta setelah pemain bertahan tim tuan rumah tanpa sengaja menyundul bola ke dalam gawangnya sendiri. Mutiara Hitam memimpin 1-0.

Di akhir babak pertama, Barito Putera mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Samsul Arif dijatuhkan di kotak terlarang. Dengan mudah, Douglas Packer mengeksekusi bola tersebut menjadi gol penyeimbang. Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat, yaitu 1-1.

Dibaba kedua. Tuan rumah sempat mengambil alih pertandingan namun Boaz Solossa dkk tetap tidak mau menyerah begitu saja.

Untuk memperkuat sisi penyerangan, Barito Putera memasukkan Rizki Pora pada menit ke-56.

Persipura kembali memimpin melalui gol dari Marcel Sacramento di menit ke-63. Penyerang asal Brasil melakukan tendangan ke sudut gawang yang tidak dapat dijangkau oleh Adhitya Harlan. Tim tamu kembali unggul 1-2.

Tak patah arang, Barito Putera berhasil kembali menyamakan skor melalui tandukkan dari Dandi Maulana menyambut umpan dari Matias Cordoba. Pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 2-2.

Pelatih kepala Persipura Jayapusa, Peter Butler mengaku puas dengan kinerja para pemain asuhannnya usai menahan imbang Barito Putera.

Pelatih asal Inggris itu menyampaikan bahwa pemain Persipura juga banyak yang terbawa emosi. Tapi dirinya puas dengan permainan Boaz dkk. “Saya rasa percaya diri para pemain terus naik. Secara permainan juga bagus,” ujarnya.

Walaupun kecewa dengan kepemimpinan wasit, Butler tidak ingin mengomentarinya. “Saya pikir kita bisa selesaikan game dengan tiga poin, hasil ini kita patut syukuri,” kata Butler.

Sementara playmaker Persipura Imanuel Wanggai menyampaikan kedua tim sudah menampilkan permainan yang baik. Tapi khusus untuk Persipura perlu dilakukan evaluasi karena dua gol berasal dari kesalahan pemain.

“Puji Tuhan kita sudah bermain baik. Tapi tuan rumah juga tampil sangat luar biasa, sama sama saling menyerang, tapi untuk Persipura harus lebih kosentrasi lagi di pertandingan berikutnya,” kata Wanggai.

5/5 1 rating
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *